Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan pada sekolah menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Tujuan SMA Negeri 47 Jakarta dirumuskan sbb :
a. Tujuan Umum
1) Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang refresentatif untuk mendukung pelaksanaaan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global;.
2) Memiliki sarana pendukung pembelajaran yang representative dan berbasis elektronik dan teknologi informasi.
3) Meningkatkan kinerja masing-masing komponen sekolah untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing agar dapat memberikan layanan yang professional;
4) Menyelenggarakan pendidikan secara profesional untuk menghasilakan lulusan yang berkepribadian unggul, berwawasan kebangsaan, cerdas komprehensif, dan siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
5) Meningkatkan pelaksanakan Program Pengembangan diri melalui layanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih efektif dan efisien sebagai penyaluran bakat dan minat siswa untuk meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik;
6) Menjadikan belajar, disiplin, jujur, empati, sopan dan santun serta silaturrahmi sebagai budaya bagi semua warga sekolah.
7) Menggunakan bahasa Inggris dalam proses pembelajaran maupun dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan;
8) Meningkatkan kualitas dan jumlah tamatan yang melanjutkan ke perguruan tinggi;
9) Menyusun dan melaksanakan tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah;
10) Meningkatkan kualitas semua Sumber Daya Manusia baik guru, karyawan dan siswa yang dapat berkompetisi baik lokal maupun global.
11) Menjalin kerja sama kemitraan secara sinergis dengan pihak lain baik dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka memperluas pelayanan terhadap siswa.
12) Memiliki siswa yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan social, fisik dan kultural, serta mampu menghasilkan karya, dan terampil dalam kewirausahaan.
13) Mampu menghasilkan lulusan yang berkepribadian unggul, berwawasan kebangsaan, cerdas komprehensif, dan siap menjalani kehidupan menjadi bagian dari masyarakat.
b. Tujuan Khusus
1) Meningkatnya Nilai Akreditasi Sekolah dari kualifikasi A dengan nilai 97,98, menjadi kualifikasi A dengan nilai 98,50.
2) Menerapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) seluruh mata pelajaran ≥ 80 % dan KKM penjurusan 83 %.
3) Meningkatnya daya serap pelajaran 100% dan rata-rata nilai UAN diatas 85,00.
4) Meningkatnya daya serap lulusan yang diterima di perguruan tinggi ternama (PTN/PTS) mencapai (97 – 100 %) dengan persentase yang masuk PTN mencapai 85 %.
5) Melaksanakan kegiatan ibadah bersama di sekolah serta pembinaan keimanan dan ketakwaan yang terprogram dan berkesinambungan bagi seluruh warga sekolah.
6) Menjadi 5 (lima) SMA Negeri terbaik di provinsi DKI Jakarta.
7) Memiliki tim kegiatan ekstrakurikuler yang mampu tampil dan menjuarai lomba–lomba akademik maupun non akademik di tingkat propinsi, nasional dan Internasional.
8) Menjadikan penilaian kognitif, psikomotor, afektif dan kehadiran dalam kegiatan KBM sebagai acuan keberhasilan.
9) Mengintensifkan kegiatan klinik akademik, remedial dan pengayaan sebagai bentuk optimalisasi layanan akademik terhadap siswa.
10) Melaksanakan penelusuran bakat dan minat siswa secara intensif dan profesional dalam rangka mendukung penetapan pemilihan jurusan/program studi lebih lanjut.
11) Melaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi akademik maupun non akademik melalui pemberian wawasan, pelatihan dan pembinaan karakter baik indoor dan outdoor kepada seluruh warga sekolah.
12) Mengoptimalkan pemanfaatan dan pelayanan berbasis IT (pengunaan Website, Internet dan Multi Media) sebagai media informasi dan sarana kegiatan belajar mengajar.
13) Melaksanakan pengolahan dan pelaporan hasil penilaian menggunakan Sistem Infomasi Manajemen melalui Sistem Administrasi Sekolah (SAS) Buffer.

b. Kebijakan Mutu
”Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan ditunjang dengan sarana dan proses pembelajaran berbasis pada iman dan taqwa, kearifan lokal, serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini sehingga menghasilkan lulusan yang berkemampuan personal, sosial, dan akademis guna melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi”.
c. Sasaran Mutu
1) Menyelenggarakan pendidikan secara profesional sehingga 100 % lulusan dapat masuk perguruan tinggi.
2) Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, sehingga 100 % tenaga pendidik dapat memanfaatkan komputer untuk kegiatan pembelajaran.
3) Meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan, sehingga 100 % dapat memanfaatkan komputer untuk kegiatan administrasi.
4) Menyelenggarakan pembinaan olimpiade, sehingga meraih 75 % juara tingkat Kotamadya, 50 % juara tingkat Propinsi, dan 10 % tingkat nasional.
5) Menyelenggarakan kegiatan ektrakurikuler dalam upaya pengembangan diri siswa berbasis multiple intelegensi, sehingga 100 % siswa bakatnya dapat dikembangkan.
6) Mengembangkan kualitas sarana IT, sehingga 100 % fasilitas layanan siswa terkoneksi internet.
7) Mengembangkan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran, sehingga 100 % ruang belajar siswa difasilitasi dengan komputer dan LCD proyektor terakses internet.
8) Menjalin kerja sama kemitraan dengan Perguruan Tinggi Negeri ternama dan sekolah yang memiliki keunggulan tertentu minimal dengan 2 (dua0 lembaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *